Selasa, 05 Juni 2012

MEMAHAMI BANDUL MATEMATIS

Bandul matematis atau sederhana adalah benda ideal yang terdiri dari sebuah titik massa yang digantung pada tali ringan yang tidak dapat mulur,jika bandul ditarik kesamping maka berayun dalam bidang vertikal karena pengaruh gravitasi bumi.
Setiap gerak yang berulang dalam selang waktu yan sama disebut gerak periodik .pergesaran partikel yang bergerak periodik selu dapat dinyatakan dalam fungsi sinus dam cosinus,karena pernyataan yang memuat fungsi ini diberi istilah harmonik. Dalam gerak harmonik,gaya dan percepatan berubah arah maupun besarnya.Osilasi atau Vibrasi (getaran) adalah satu bentuk gerak harmonik jika suatu partikel bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama.banyak benda berosilasi yang gerak bolak-baliknya tidak tepat sama karena pengaruh gaya gesekan yang menghambat energi geraknya,sehingga gerak benda berhenti berangsur-angsur.
salah satu sistem fisis yang bergerak mengikuti gerak harmonik sederhana adalah bandul matematis (simple Pendulum).Gerak harmonik bergerak bolak-balik melalui titik yang energi potensialnya minimum (titik seimbang).selai pada titik seimbang nilai potensial partikel berubah-ubah menurut




Tidak ada komentar:

Bagaimana menurut Anda posisi mimpi dalm kehidupan Anda?