Jumat, 05 November 2010

Mimpi dan Silaturahmi

             Hidup adalah perjuangan panjang yang membutuhkan segenap pengorbanan,terkadang ia meminta hal yang sangat kita cintai , hal yang selalu kita damba untuk bersamanya satiap saat. Petualangan diperantauan memberikan inspirasi kepada saya untuk menuliskan kisah-kisah yang saya alami .Tentu Anda yang mau membacanya sekedar iseng atau membutuhkan dongeng motivasi sebelum terlelap tidur (tapi bacanya jangan sambil tidur....?).Okee ,tanpa berlama-lama saya akan  akan memperkenalkan diri terlebih dahulu ,layaknya sebuah karangan ilmiah yang membutuhkan pendahuluan untuk pengenalan ,karena ada pepatah yang mengatakan "Tak kenal maka ta'aruf (kenalan) ." Ini profile singkat penulis ,
nama                            :ade narsa
tempat/tanggal lahir     :Sumedang,09 Mei 1992
pendidikan                 :SDN Marga Jaya ,Sumedang
                                  MTsN 1 Ujungjaya,Sumedang
                                  SMAN 1 Cisarua,Bandung Barat
alamat                        :Jl.Ujungjaya No.25 RT/RW 03/02 desa/Kec.Ujungjaya
                                   Kab.Sumedang 45383
kontak                       :adenarsa_03@yahoo.com
pengalaman organisasi :Ketua OSIS MTsN 1 Ujungjaya-2006/2007
                                    Ketua seksi PMR MtsN 1 Ujungjaya-2006/2007
                                    Anggota PRAMUKA MTsN 1 Ujungjaya-2005/2007
                                    Pengurus MPK SMAN 1 Cisarua-20082010
                                    Anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)-2008/2010
                                    Ketua OPA (Organisasi Pelajar asrama )-2009/2010
 Semua kehidupan yang saya alami sekarang ini adalah kelanjutan dari  realisasi terhadap mimpi-mimpi yang ingin  diwujudkan.Saya yakin setiap orang mempunyai mimpinya masing-masing, begitu juga dengan diri Anda yang punya mimpi untuk dapat meraih prestasi yang gemilang dalam hidup ini.Anda ingin mempunyai penghasilan yang besar dari pekerjaaan yang anda lakukan dua tahun kedepan, Anda ingin melanjutkan studi keluar negeri dengan beasiswa penuh atau Anda ingin membangunkan orang tua Anda sebuah rumah yang besar dan memberangkatkannya ke tanah suci untuk ibadah haji .Jika anda sudah mempunyai hal yang sama persis seperti itu atau hampir mirip, maka Anda bisa disebut punya mimpi , dan Anda adalah orang yang di anggap hidup  di bumi ini dengan utuh.Karena orang yang hidup tanpa mimpi seperti orang yang sudah mati hidupnya.Selanjutnya keinginan-keinginan Anda tadi dapat dikatakan mimpi atau hanya sebuah khayalan tergantung sikap Anda mewujudkannya.Banyak orang yang sudah kebingungan ketika tidak bisa mewujudkan apa yang mereka inginkan. Disini saya akan berbagi pengalaman tentang "kekuatan mimpi",berhasil atau belum berhasilnya mimpi Anda ,tergantung Anda percaya pada diri Anda sendiri. "You are what you think" ,tanamkan dalam diri Anda Jika Anda berpikir hal itu bisa, maka Anda mampu mewujudkannya.Sangat pentinga sekali untuk membuang pikiran Anda berkata "ini tidak mungkin.....","Saya tidak akan mampu seperti itu.....", atau "Dia punya ini...itu,sedangkan saya....".Hal-hal seperti itu akan menghalangi Anda untuk maju, maka cara terbaiknya yaitu sama sekali jangan dihiraukan.
.
Anda harus yakin bahwa setiap orang mempunyai kelebihan yang tidak dimilik oleh orang lain, termasuk Anda sendiri.Bersyukurlah kepada Allah dengan apa yang ada pada diri Anda saat ini , bukan mengutuki kekurangan yang ada pada diri Anda.Saya sendiri tidak pernah menyesal dilahirkan menjadi orang yang kurang mampu secara finansial,beribukan seorang buruh tani sekalipun, tapi saya selalu berusah agar dapat membantu meringankan beban meraka.
kekurangan yang Anda anggap vital pun takkan bisa menghalangi diri Anda untuk mewujudkan mimpi Anda,tapi yang akan menghalanginya hanyalah keyakinan Anda sendiri.Hal yang perlu pertama kali anda lakukan adalah merubah pola pikir Anda (Mind Set),hal yang anda anggap mampu pasti akan anda lakukan dengan penuh semangat,timbulkan dalam benak Anda "Tidak ada yang tidak mungkin".Dengan begitu anda akan terbiasa memandang segala hal akan dapat lalui,meskipun ujian seberat apapun.
Berusaha dengan sugguh -sungguh merupakan kunci utama merubah pola pikir Anda,Allah memberikan hanya apa ayang kita usahakan.dan perubahan itu tidak datang dengan semerta-merta,tetapi harus diperjuangkan."Kebiasaan timbul karena dibiasakan" kata -kata itu mengingatkan  saya pada pesan orang tua ketika liburan di desa.Memang dalam kenyataannya tidak semudah membalikan telapak tangan ,karena akan ada tantangan yang timbul.Pemikiran yang membuat jalan masa depan kita terhambat harus benar-benar dapat teratasi dan Anda harus yakin hal itu akan menimpa setiap orang yang sedang berjuang untuk maju.Ketika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi,orang" disekitar Anda akan memberikan respon yang berbeda",Buanglah jauh" perkataan yang buat niat awal kamu goyah,"darimana biayanya,mendingan kerja lebih menjamin,kuliah ujung-ujungnya kerja "dan sejuta serangan akan menghampiri Anda.
Bagaimana menghadapi hal seperti di atas?
            Ada perbedaan antara laki-laki dengan perempuan mengahadapi tantangan ini.Sebagai seorang lelaki tentu Anda lebih berat secara tanggungjawab karena Andalah yang menjadi tumpuan keluarga,Anda harus meyakinkan mereka dengan alasan yang sesuai realitas dan menjadikan fakta-fakta keseharian tersebut  untuk mendapatkan hal yang Anda inginkan .atau cita-citakan.
       Hal lain yang pernah penulis rasakan ialah berkumpul dengan orang lain.Tujuan kitalah yang menyatukan dengan orang lain dari berbagai jenis golongan, dengan berbagai perbedaan,sifat dan sebagainya.ingatkan bahwa Anda datang bukan sekedar menambah daftar nama yang Anda kenal karena terkadang hal itu bisa menyia-nyiakan waktu efektif.Saya sangat bersyukur ketika Allah mendekatkan saya dengan teman satu asrama dengan cara saling mengingatkan untuk bersama-sama meningkatkan ibadah kepada Allah.Beliau mempunyai semangat belajar yang luar biasa,dan yang lebih saya kagumi disamping itu Ia rajin memperbanyak amalan-amalan yang disunnah .Hingga kami sering bertatap muka,bukan karena  sengaja kami saling mendatangi tetapi bertemu ketika beliau shalat dhuha atau tahajud.dan berlanjut pada hari-hari berikutnya saya sering melakukan kegiatan bersama dan sharing pengalaman .
           Ketika diasramakan di Bina Siswa SMA-Plus Cisarua  Yayasan Darmaloka,Sebuah yayasan yang di naungi langsung oleh Provinsi Jawa Barat saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Yayasan ini adalah tumpuan cita-cita saya ,   saya menjalani tes Selama 5 hari di Cisarua Bandung Barat dan meyakin keputusan untuk memilih  asrama ini sebagai jalan untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang masih dalam tulisan-tulisan kecil dalam buku harian bekas kakak saya , Padahal saya sendiri sudah mengetahui bahwa disana tidak ada yang menjamin untuk bisa terus lanjut kuliah atau langsung disalurkan untuk bekerja jika berprestasi . Saya yakin kakak tingkat yang sudah berhasil ,bukan karena semata-mata  dapat ijazah SMA dan dapat keterampilan tambahan dari asrama ini.Ternyata setelah sekarang menjalani lengkap dunia asrama sampai dengan lulus,baru bisa menyampaikan hikmah dari semua itu.
 Hikmah yang saya dapatkan mungkin bisa tergolong Tacit Knowledge ala buku Romi Satrio Wahono,Pendiri IlmuKomputer.com.yaitu pengetahuan yang berbentuk Know-how, Pengalaman,skill, pemahaman yang terkadang memang susah diungkapkan.Begitu juga dengan pengalaman yang saya alami di asram ini,jika saya ditanya seberapa berharganya pengalaman saya di asrama?saya akan menjawab dengan tegas "Separuh dari Hidup saya",Mungkin anda terheran-heran dengan pernyataan yang saya keluarkan barusan. Tapi memang begitu keadaan yang sebenarnya, kita pasti akan meraskan betapa bahagianya menjadi orang yang beruntung dengan suatu kejadian atau peristiwa yang  mampu mengubah pola pikir kita atau memberikan arti hidup yang lebih bermakna daripada yang telah kita pahamani sebelumnya.  "Pengalaman yang mencerahkan itu seperti mutiara" cuplikan dari novel Edensor ini mungkin sejalan dengan yang saya sampaikan ini.
"hidup seperti rel kereta api dan pengalaman hidup seseorang seperti cahaya yang melesat-lesat ,kecepatan cahaya sama dan absolut bagi setiap orang, maka pengalaman hidup yang sama bisa menimpa siapa saja.namun seberapa banyak kita dapat mengambil pelajaran dari cahaya yang melesat-lesat itu bersifat relatif tergantung  secepat dan sejauh mana pengalaman itu memberi pelajaran bagi diri-Nya.Edensor".
Hikmah-hikmah itu yaitu;
  • Jangan Pantang mundur dengan tekanan jika niat kita benar:Hal ini penulis rasakan jauh-jauh hari sebelum berkas seleksi penerimaan diumumkan, ketika diakhir penghujung kelas tiga Madrasah Tsanawiyah banyak muncul pertanyaan tentang kemana masa depan saya akan dilanjutkan setelah lulus. Sejak SD memang telah berulang kali ditanyakan oleh guru SD kelas 4,yang namanya Ibu Dedeh,Apa cita-cita Kalian?saya masih ingat ketika itu saya mengacungkan tangan dan mengatakan "saya ingin menjadi seorang guru,bu" dan beliau mengangguk ,saya memaknai anggukannya sebagai ucapan "perjuangkanlah!".Dan sampai pada keadaan percabangan yang selalu ada dalam kehidupan ini,dan saya memilih memperjuangkan cita-cita yang telah saya pupuk dan sirami agar terwujud jadi kenyataan.dan konsekuensinya saya harus mencari jalan menuju kesana.

Tidak ada komentar:

Bagaimana menurut Anda posisi mimpi dalm kehidupan Anda?